JASA PEMBUATAN WEBSITE KLIK DIBAWAH INI

Hosting Indonesia

ANDA TAHU BAHWA ANDA DI PUNCAK SUKSES KALAU

ANDA BERSAHABAT DENGAN MASA LALU, TERFOKUS PADA MASA SEKARANG DAN OPTIMIS TENTANG MASA DEPAN

Senin, 08 Maret 2010

FINANSIAL REVOLUTION DARI TUNG DESEM WARINGIN

ANDA MASIH INGAT SAHABAT NABI YANG BERNAMA ABDURRAHMAN BIN 'AUF, Ya ! beliau adalah sahabat nabi yang termasuk dijamin masuk surga dan beliau orang muslim terkaya di zamannya...
Nah...pertanyaanya, Bagaimana cara beliau mengumpulkan uang (dinar/harta) ? Caranya tidak beda jauh dengan strategi yang pernah ditulis oleh Tung Desem Waringin dalam bukunya, Financial Revolution yang mengatakan, “Kita akan memanfaatkan nilai tambah (added values) dan (leverage) untuk menciptakan wealth atau kekayaan yang memberi kita kesejahteraan, yang kita artikan sebagai “mampu terus bertahan hidup dengan gaya yang ada bila besok berhenti kerja”.
Uang adalah alat pertukaran dari nilai tambah. Untuk memahami apa itu nilai tambah, bisa kita ambil besi sebagai contohnya. Coba bayangkan, sepotong besi yang biasa kita kenal sehari-hari. Kalau dijual eceran per kilogram, berapa harganya ? mungkin Rp. 1.000, mungkin Rp.2000 kita andaikan saja harganya perkilogram adalah Rp. 1.500. kalau besi itu kita buat menjadi paku kemudian kita jual eceran perkilogram, berapa harganya ? sebut saja harganya Rp. 5.000. jadi perubahan besi biasa menjadi paku menciptakan nilai tambah, yang bisa dipertukarkan dengan Rp. 3.500. Nah, perhatikan yang satu ini: ada besi yang sekilonya berharga satu miliar. Mau tahu ? coba bayangkan per (pegas) jam. Besi satu kilo kalau dibuat menjadi per jam akan menjadi ribuan per, dengan nilai mungkin Rp. 1.000 per satuan. Dalam contoh tersebut digambarkan dengan jelas bahwa besi yang dibuat menjadi per jam akan menghasilkan nilai tambah lebih besar daripada kalau hanya dibuat menjadi paku.
Mengenai nilai tambah ini perlu diketahui bahwa hidup adalah nilai tambah, tapi kalau semua hidup, berarti hidup bukan lagi nilai tambah. Jujur adalah nilai tambah, tapi kalau semua jujur, berarti jujur bukan lagi nilai tambah. Mencapai target 100% adalah nilai tambah, tapi kalau semua mencapai target 100%, berarti mencapai target 100% bukan lagi nilai tambah. Jadi, sesuatu bisa menjadi nilai tambah bila tidak semua orang mempunyai atau menawarkan sesuatu itu.
Untuk mendapatkan banyak uang rumusnya adalah:

ADDED VALUES X LEVERAGE

Leverage secara harfiah berarti pendongkrak; maksudnya adalah alat bantu yang memudahkan atau mempercepat pencapaian tujuan.
Kisah ini hubungannya dengan pernyataan bahwa mendapatkan banyak uang perpaduan antara nilai tambah dan leverage. Saya mempunyai teman seorang pengusaha plastik. Di era Orde Baru dia bisa sangat kaya hanya dengan menjual plastik. Dia bercerita bahwa waktu itu dia bisa menjual satu ember berisi plastik, harganya sama dengan satu Mercedes Benz. Sebenarnya plastik apa yang dia jual ? ternyata dia menjual huruf-huruf yang sangat kecil yang terbuat dari plastik (nilai tambah) yang dipergunakan untuk papan pengumuman. Teman saya itu menawarkan kepada pemerintah (faktor leverage), sehingga produknya dipakai oleh seluruh departemen dan disebarluaskan keseluruh propinsi seIndonesia.
Apa saja yang bisa kita beri leverage ? ada beberapa hal, yaitu
Resources ( sumber daya, yang bisa berarti modal)
Idea (gagasan )
Contact (kenalan)
Expertise (keahlian)

Jadi kita tidak perlu menggunakan modal kita sendiri, ide kita sendiri, kenalan kita sendiri dan keahlian kita sendiri.
Cara leverage:
1. tanya, usul, komunikasi kepada orang yang tepat lebih banyak sehingga bisa mendapat bantuan/ kemudahan yang kita perlukan.
2. dan untuk menjadi kaya dengan lebih cepat kita harus menggunakan faktor pengali dan bukan penjumlah.

CARA KAYA DENGAN CEPAT
Ada beberapa cara agar kita bisa menjadi cepat kaya, yaitu dengan:
1. mengusahakan agar uang mengejar kita dan
2. memanfaatkan faktor kali

MEMBUAT UANG MENGEJAR KITA
Ada 5 unsur untuk membuat uang mengejar kita:
1. kita harus mempunyai nilai tambah
2. harus dikomunikaskan
3. kepada orang yang tepat
4. dalam jumlah yang banyak
5. dengan cara yang tepat

KITA HARUS PUNYA NILAI TAMBAH
Bila uang bagaikan air dan kita ingin air mengalir ke danau kekayaan kita, alangkah baiknya bila kita membuat gunung nilai tambah terlebih dahulu di sekitar danau kita itu. Dengan gunung nilai tambah itu air akan mengalir dengan sendirinya ke danau kita.
Misalkan saja, anda jualan soto. Pertanyaannya, “apakah kelebihan (nilai tambah) soto anda dibandingkan dengan soto lain ?” mungkin anda bisa saja merasa bahwa soto anda lebih sehat, lebih enak, lebih murah dibanding yang lain, namun nilai tambah ini harus benar-benar dimengerti oleh pelanggan anda. Tidak ada gunanya menyebutkan nilai tambah itu kalau pelanggan tidak merasakannya.
Contoh lain, ketika memberikan sebuah business coach kepada sebuah developer apartemen mewah di pusat bisnis di Jakarta, saya bertanya “apa kelebihan nilai tambah) anda dibanding proyek apartemen mewah yang lain ?”
Developer ini menjawab, “apartemen kami terletak di segitiga emas.”
Jawab saya, “itu bukan nilai tambah, karena banyak apartemen lain yang juga berada di segitiga emas.”
Kemudian developer mengatakan, “ooh lain. Apartemen kami mewah.”
Jawab saya, ‘sama….yang lain juga apartemen mewah.”
Developer tadi menjawab lagi, “harga apartemen kami harganya tinggi dan jumlahnya terbatas sehingga ekslusif.”
Jawab saya, “sama. Yang lain juga terbatas dan tinggi harganya.”
Developer itu juga bilang, “kami memberikan diskon apabila pembayarannya dilakukan secara tunai.”
Saya jawab, “sama. Yang lain juga memberikan diskon bagi yang membayar secara tunai.”
Developer itu bilang lagi, “kami melakukan iklan besar besaran, sehingga diketahui banyak orang.”
Saya jawab lagi, ‘sama. Yang lain juga melakukan iklan secara besar-besaran.”
Setelah sekian banyak jawaban dan hasilnya sama dengan apartemen mewah yang lain, developer itu memutuskan untuk mengubah atau menambahkan sesuatu untuk membuat nilai tambah dibanding apartemen yang lain. Karena kalau dia tidak mengubah atau menambahkan sesuatu, apartemennya mungkin juga laku, terutama bila memang kurang pemasokan apartemen mewah dan kelebihan permintaan. Tetapi, apabila pemasokan berlebihan dan permintaan kurang, terjadi persaingan sengit. Pihak yang lebih dahulu mendapatkan market akan menang.
Apartemen berbeda dengan perumahan. Dalam bisnis perumahan, bila anda mendapat order dua puluh rumah, anda akan membangun dua puluh rumah. Sedang dalam bisnis apartemen, bila anda mendapat order dua puluh, anda tetap harus membangun satu gedung apartemen, yang barangkali terdiri dari dua ratus kamar.
Akhirnya developer tadi menemukan nilai tambah yang khas baginya, yaitu tanpa uang muka, tanpa bunga untuk satu tahun pertama. Dan ketika dikomunikasikan kepada orang yang tepat, dalam jumlah yang banyak, dengan cara yang tepat, penjualan perusahaan property ini seketika naik 400%. Uang mengejar !!!
Catatan penting : bila anda tidak mempunyai nilai-nilai tambah, mulailah mengubah dan menambah.

HARUS DIKOMUNIKASIKAN
Walau kita mempunyai nilai tambah, tetapi bila tidak dikomunikasikan, orang tidak akan mengetahuinya. Bila orang tidak tahu, perkembangan bisnis anda akan sangat lambat. Banyak orang yang mempunyai bisnis, dengan produk atau jasa yang mempunyai nilai tambah dibanding produk lain, tetapi tidak mengomunikasikannya, baik melalui promosi maupun dengan cara yang lain. Akibatnya, produk atau jasa tadi tidak “meledak”.

KEPADA ORANG YANG TEPAT
Bila kita sudah mempunyai produk atau jasa yang mempunyai nilai tambah, nilai tambah itu harus dikomunikasikan kepada orang yang tepat. Tidak ada gunanya memiliki nilai tambah, bila kita mengomunikasikan hal itu kepada orang yang bukan target market produk atau jasa itu. Tidak ada gunanya promosi mobil mewah kepada pengemis di pinggir jalan. Dengan segenap kelebihannya pun mobil mewah tadi akan sulit sekali terjual.

DALAM JUMLAH YANG BANYAK
Apabila kita sudah mengomunikasikan kepada orang yang tepat, bisa jadi orang tadi akan mau membeli. Tetapi, bila komunikasi itu kita lakukan satu persatu akan sangat lama prosesnya. Apabila anda menghendaki uang mengejar anda, anda harus mengomunikasikan nilai tambah anda kepada orang yang tepat dalam jumlah yang banyak. Prinsipnya adalah, kalau anda mau menjual, yang membeli minimal harus ada dua; sedangkan bila anda mau membeli yang menjual minimal harus ada dua. Akan sulit kalau kita harus mengejar-ngejar orang agar orang tersebut mau membeli produk atau jasa kita. Jauh lebih menguntungkan kalau orang mengejar-ngejar kita, untuk memperebutkan barang kita yang terbatas.

DENGAN CARA YANG TEPAT
Cara yang tepat ini terdiri dari: isi promosi yang tepat, sarana promosi yang tepat, kemudian waktu dan tempat yang tepat.
1. isi promosi yang tepat
isi promosi yang tepat memiliki USP.
U adalah Ultimate Advantage; maksudnya, harus kita sampaikan nilai tambah yang ada.
S adalah Sensational Offer. Kita harus memberikan penawaran, hadiah, diskon serta limit atau batas. Beri benefit tambahan bagi orang yang take action saat itu juga. Hadiah 90% lebih baik daripada diskon, karena bila kita memberi diskon Rp. 100.000, berarti Rp. 100.000 hilang. Tetapi apabila kita memberikan hadiah senilai Rp. 100.000, bisa jadi modal kita hanya Rp. 10.000-Rp.40.000. dan bila kita memutuskan untuk memberikan Rp. 100.000 dalam bentuk hadiah, hadiah tadi bisa tampak senilai Rp. 500.000. sediakan hadiah yang mempunyai Perceived value ( kesan harga) yang jauh lebih mahal daripada harga sesungguhnya. Limit atau batas dalam hal ini akan membuat orang segera bertindak bila mereka benar-benar berminat.
P adalah Powerful Promise. Ketika orang mau membeli atau memberikan uangnya kepada kita, mereka khawatir apakah yang dibeli bermanfaat atau tidak. Uang yang dikeluarkan itu berarti atau tidak. Kalau kita yakin bahwa produk atau jasa kita benar-benar bermanfaat, kita harus berani memberikan money back guarantee, namun money back guarantee ini bukan lagi merupakan nilai tambah dan tidak sensasional lagi bila pihal-pihak lain juga menyediakan hal yang sama, seperti yang terjadi pada hypermarket yang memberikan money back guarantee untuk selisih harga bagi produk tertentu yang ternyata dijual dengan dengan lebih murah di tempat lain. Ada satu hypermarket yang cerdas dan memberikan double money back guarantee terhadap selisih harganya. Bila di tempat lain ada yang lebih murah, double money guarantee ini menjadi nilai tambah dan sensasional, dan janjinya powerful.

2. sarana promosi yang tepat
promosi yang paling dipercaya orang adalah word of mouth atau referensi yang diberikan secara sukarela dan gratis oleh orang lain karena mutu kita sangat mengesankan. Yang paling cepat dan murah adalah public relation atau press Release.

3. waktu dan Tempat yang tepat
tidak semua waktu iklan radio atau televisi adalah saat yang tepat. Bila target kita adalah kaum eksekutif, jam yang paling tepat adalah ketika jam pulang kerja.
Tidak semua iklan koran bermanfaat. Tidak semua halaman mempunyai efek yang sama.

CARA ORANG KAYA MENGUMPULKAN UANG
"Bagaimana orang kaya mengumpulkan uang ribuan kali lebih banyak daripada orang biasa dalam waktu yang sama. Rahasianya sederhana: Yaitu orang kaya menggunakan faktor kali.
Faktor kali dapat mendongkrak nilai tambah kita dengan seketika, sehingga kita bisa menyediakannya bagi banyak orang yang membutuhkannya. Untuk mengetahui hebatnya faktor kali itu mari kita lihat angka-angka dasar yang bisa membuat seseorang bisa mempunyai Rp. 10 Miliyar:
1. menjual sesuatu kepada seseorang dg untung Rp. 10 miliyar.
2. menjual kepada 10 orang dgn untung Rp. 1 miliyar.
3. menjual kepada 100 orang dgn untung Rp. 100 juta.
4. menjual kepada 100 orang dgn untung Rp. 10 jt.
5. menjual kepada 10.000 orang dgn untung Rp. 1juta
6. menjual kepada 100.000 orang dgn untung Rp. 100.000.
7. menjual kepada 1.000.000 orang dgn untung Rp. 10.000
8. menjual kepada 10.000.000 orang dgn untung 1.000.
9. menjual kepada 100.000.000 orang dgn untung Rp. 100.
10. menjual kepada 1.000.000.000 orang dgn untung Rp. 10.

KEMUDIAN YANG JADI MASALAH ADALAH KITA BUTUH MODAL, TENAGA, KEAHLIAN DAN WAKTU UNTUK MENGGAPAI SEMUA ITU BETUL... ?!
NAH... DI INTERNET TELAH BANYAK IKLAN YANG MENAWARKAN KEKAYAAN ATAU PENGHASILAN SECARA INSTAN DALAM WAKTU SINGKAT BAHKAN TANPA KERJA, BETUL...! JIKA ANDA PERCAYA YA MONGGO...! TIDAK PERCAYA YA MONGGO...! ANDA HARUS KRITIS DAN PERLU MEMPELAJARI LEBIH DULU SUPAYA TIDAK TERJEBAK ! YANG PASTI, SEGALA SESUATU BUTUH PROSES...JIKA SATU DUA HARI, SEMINGGU DUA MINGGU ATAU BAHKAN SETAHUN DUA TAHUN KITA MASIH BELUM "KAYA " BAIK HATI DAN HARTA, YA COBALAH TERUS SAMPAI IMPIAN KITA TERWUJUD...!
Ingin Gabung bisnis online Islami di: http://www.frc.berkahherbal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar